Mantan Bupati Muaro Jambi Resmi Tersangka Korupsi

Mantan Bupati Muaro Jambi Resmi Tersangka Korupsi


Jambi - Mantan Bupati Muaro Jambi Drs As\'ad Syam ditetapkan sebagai tersangka oleh pihak Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jambi dalam kasus korupsi proyek Pembangkit Listrik Tenaga Disel (PLTD) Sungai Bahar, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi senilai Rp 4 miliar. "Pihak Kejati Jambi yang sebelumnya telah menahan tersangka Dirut BUMD Muaro Jambi Safaruddin," kata Kasi Sospol Kejati Jambi Amran Lakoni SH, kemarin. Tidak saja, As'ad Syam yang ditetapkan sebagai tersangka, mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Drs Muchtar Muis serta Direktur Utama PT Cipta Pesona Usaha (CPU) Sudiro Lesmana juga kini telah berstatus tersangka.
Untuk itu, pihaknya juga telah memeriksa saksi seperti Sekretaris Dewan DPRD Muaro Jambi Anshori dan Erbas selaku pengawas BUMD Muaro Jambi. Pemeriksaan kedua saksi tersebut dikatakan Amran, terkait penetapan tersangka mantan Bupati Muaro Jambi Drs As'ad Syam dan Drs Muchtar Muis yang kini menjabat Wakil Bupati Muaro Jambi.
Secara terpisah, Amin Hutapea selaku pengacara Safaruddin meminta pihak Kejati Jambi dapat bersikap adil. Menurutnya, kliennya Safaruddin sudah ditahan maka mantan Bupati Muaro Jambi Drs As\'ad Syam dan Drs Muchtar Muis.
Penahanan Dirut BUMD Safaruddin yang merupakan adik kandung mantan Ketua DPRD Jambi Nasrun Arbain yang diakui Humas Kejati Jambi Andi Ashari SH selain untuk memudahkan penyidik melakukan pemeriksaan, juga dikhawatirkan tersangka melarikan diri atau menghilangkan barang bukti. Selanjutnya, Amin Hutapea SH pun meminta Kejati Jambi untuk bersikap adil, sebab kedua tersangka seperti Drs As'ad Syam dan Drs Muchtar Muis, bisa saja melarikan diri atau menghilangkan barang bukti seperti yang dikhawatirkan jaksa.
Wakil Ketua DPD Partai Demokrat (PD) Jambi Jefri Hendrik yang didampingi Wakil Ketua Bidang Polkam Ruslan TB dan Sekretaris Partai Demokrat Mardi Afyan mengatakan, pembentukan tim advokasi yang juga beranggotakan dari DPP Partai Demokrat hanya semata-mata untuk mendampingngi Ketua DPD PD Jambi Drs As\'ad Syam dalam menjalani proses hukum terhadap kasus proyek PLTD ketika Drs As\'ad Syam menjabat sebagai Bupati Muaro Jambi. (ck-79)